Musik itu Menginspirasi semua orang

MY BLOG : Menyediakan berbagai informasi mengenai musik dan tari :) =D follow twitter saya di @fitriaayu_28s. follback, just mention :D

Minggu, 14 Oktober 2012

LIRIK LAGU , PSY - GANGNAM STYLE

Oppan gang-namseutayil
Kang-namseutayil

Naje-neun ttasaroun inkanjeo-gin yeoja
Keopi hanjanye yeoyureuraneun pumkyeok i-nneun yeoja
Bami omyeon shimjangi tteugeowojineun yeoja
Keureon banjeon i-nneun yeoja

Naneun sana-i
Naje-neun neomankeum ttasaroun geureon sana-i
Keopi shikgido jeone wonsyas ttaerineun sana-i
Bami omyeon shimjangi teojyeobeorineun sana-i
Keureon sana-i

Areumdawo sarangseureowo
Keurae neo hey keurae baro neo hey

Areumdawo sarangseureowo
Keurae neo hey keurae baro neo hey

Chigeumbu-teo kal dekkaji kabol-kka

Oppan gang-namseutayil

Kang-namseutayil

Oppan gang-namseutayil

Kang-namseutayil

Oppan gang-namseutayil

Eh- sexy lady
Oppan gang-namseutayil

Eh- sexy lady
O-oo-o

Jeongsu-khae boijiman nol ttaen noneun yeoja
Ittaeda shipeumyeon mukkeot-deon meori puneun yeoja
Karyeot-jiman wen-manhan nochulboda yahan yeoja
Keureon gamkakjeo-gin yeoja

Naneun sana-i
Jeomjanha boijiman nol ttaen noneun sana-i
Ttae-ga dwehmyeon wahnjeon michyeobeorineun sana-i
Keunyukboda sasangi ul-tungbul-tung-han sana-i
Keureon sana-i

Areumdawo sarangseureowo
Keurae neo hey keurae baro neo hey

Areumdawo sarangseureowo
Keurae neo hey keurae baro neo hey

Chigeumbu-teo kal dekkaji kabol-kka

Oppan gang-namseutayil

Kang-namseutayil

Oppan gang-namseutayil

Kang-namseutayil

Oppan gang-namseutayil

Eh- sexy lady
Oppan gang-namseutayil

Eh- sexy lady
O-oo-o

Ttwiineun nom keu wiie naneun nom
Baby baby
Naneun mwol jom aneun nom

Ttwiineun nom keu wiie naneun nom
Baby baby
Naneun mwol jom aneun nom

You know what i’m saying

Oppan gang-namseutayil

Eh- sexy lady
Oppan gang-namseutayil

Eh- sexy lady
Oppan gang-namseutayil

SEJARAH GANGNAM STYLE, TARIAN KUDA YANG MENAKLUKAN DUNIA

 



Bernama asli Park Jae Sang. PSY terlahir pada 31 Desember 1977. Artis yang berada di bawah naungan agensi YG Entertainment ini merupakan senior dari boyband Big Bang dan girlband 2NE1.

2. Apakah Gangnam Itu?

Secara umum, Gangnam adalah kawasan yang terletak di bagian selatan sungai Han di Seoul, dengan bagian utara sungai itu bernama Gangbuk. Gangbuk awalnya menjadi jantung kota Seoul sampai akhirnya Gangnam mulai dikembangkan di tahun 1970an.

Ketika kawasan Gangbuk menjadi pusat kawasan yang dihormati terutama menjadi tempat tinggal Dinasti Joseon dan presiden Korea Selatan sekaligus pusat ekonomi, Gangnam masih menjadi kawasan pedesaan yang belum berkembang. Gangnam mulai berubah setelah kawasan ini didesain ulang menjadi daerah komersial dan dibangun infrastruktur transportasi moder di tahun 1970-an.

Distrik Gangnam sendiri dibagi menjadi 22 kawasan. Di antaranya adalah kawasan yang akhirnya menjadi daerah mewah dan berkelas seperti Apgujeong, Cheongdam, Yeoksam, Samseon, dan Nonhyeon.
gangnam-2
Entertainment. Gangnam bahkan mendapat julukan sebagai Beverly Hills-nya orang Korea.

Perkembangan tak merata antara Gangnam dan Gangbuk membuat jurang perekenomian masyarakat yang begitu dalam. Selama 4 dekade terakhir, Gangnam telah menjadi ikon untuk orang-orang kalangan jetset di Korea yang mewakiliki kehidupan mewah kaum borjuis di Korea Selatan.

Karena perkembangannya, Gangnam juga memilih ikon kawasan mereka dari artis Hallyu papan atas. Terbaru, grup Super Junior menjadi ikon dari distrik Gangnam
gangnam-4
4. Arti Lagu Gangnam Style

Dengan lirik yang ditulis oleh PSY dan musik yang dibuat oleh PSY serta Yoo Gun Hyung, lagu Gangnus sebuah sindiran yang bersifat parodikal.

“A girl who looks quiet but plays when shean. Seorang gadis yang tak perlu berpakaian mini tapi justru lerlihat sangat seksi. Sementara di bait kedua, diceritakan bahwa PSY adalah seorang pria yang tenang namun bisa diandalkan dengan ide-ide cemerlangnya, di mana kepintarannya lebih besar daripada otot six pack di tubuhnya.

Sementara lirik populer ‘Oppa Gangnam Style’ bisa berarti bahwa ’saya bergaya hidup Gangnam’. Oppa sendiri dalam bahasa Korea berarti sebutan dari perempuan untuk saudara laki-laki yang lebih tua. Tapi Oppa juga bisa berarti kata ganti pertama.

Sudah jelas lirik lagu PSY begitu menyindir secara parodi kehidupan masyarakat kelas atas Gangnam. Di mana secara mayoritas mereka lebih mengutamakan kekayaan, ketampanan, kecantikan, bentuk tubuh yang sempurna daripada sifat, sikap, dan pengetahuannya
gangnam-5
5. Arti Music Video Gangnam Style
Dalam wawancara dengan Ryan Seacrest baru-baru ini, PSY menyebutkan bahwa dirinya memilih konsep MV Gangnam Style dengan ‘dress classy dance cheesy’. Sehingga dalam MV itu PSY tampil dengan baju parlente ala masyarakat kelas atas.

Sama seperti lirik, MV juga menyinggung kehidupan penduduk Gangnam yang berkelas dan seringkali menghabiskan waktu di tempat-tempat yang mahal. Ada sekumpulan orang tua jutawan yang mudah marah dan tersinggung karena hal sepele, maupun gadis-gadis seksi dan pria dengan pesona fisik memukau yang gaya hidupnya begitu borjuis atau juga pria-pria dewasa hidung belang yang merupakan pengusaha sukses tapi gemar menghabiskan waktu dengan banyak wanita dan pesta.

Namun Hong juga menambahkan bahwa alur cerita MV itu justru hanya sebuah khayalah konyol seorang PSY. Di mana dirinya berharap menjadi seorang masyarakat Gangnam, tapi nyatanya dia hanya seorang pengkhayal
gangnam-6
6. Arti ‘Tarian Kuda’ Gangnam Style

Membicarakan soal Gangnam Style, tidak lepas dari tarian kuda yang menjadi ciri khas lagu itu. Tapi dari mana sebenarnya julukan tarian kuda itu berasal?

Seperti yang banyak diketahui dalam drama Korea, terkadang ketika sebuah karakter diceratakan merupakan tokoh yang kaya raya, salah satu kegiatan yang seringkali mereka lakukan adalah berkuda.

Sama dengan apa yang ada dalam cerita drama Korea, konon pemuda di kawasan Gangnam kerap kali menunjukan kehidupan borjuis mereka dengan berkuda. Sehingga jika PSY memilih tarian kuda dengan lagu Gangnam Style, maka keterkaitan itu terasa lebih cocok. Bagaimana menurut kalian?

7. Raihan Popularitas Gangnam Style

Gangnam Style pertama kali dirilis pada 15 Juli 2012. Awalnya lagu ini hanyalah dianggap sebagai lagu baru comeback dari PSY.

Lagu ini mulai populer melalui kalangan pengguna jejaring sosial seperti Facebook dan Twitter yang mengakibatkan pengguna di luar Korea menjadi penasaran dan tertarik. Sehingga efek bola salju itu sampai di kalangan artis Amerika Serikat.

Di awal Agustus, lagu ini menjadi fenomena global ketika media internasional mulai membicarakannya. 4 Agustus, Los Angeles Times menulis mengenai Gangnam Style. Pada minggu terakhir Agustus, Billboard Magazine melaporkan bahwa PSY berhasil ada di posisi teratas Billboard Social 50 dengan mengalahkan Taylor Swift.

Efek global Gangnam Style di Youtube begitu luar biasa. Dengan hampir 47% viewers MV itu berasal dari Amerika Serikat dan 7% dari Inggris.

Penyanyi kelas dunia Nelly Furtado menampilkan Gangnam Style dalam versi Inggris pada 16 Agustus 2012 ketika menggelar konser di Filipina. Artis kelas dunia lainnya seperti Robbie Williamas, Simon Pegg dan Josh Groban juga turut terkena demam Gangnam Style.

Vanessa Hudgens dan Tom Cruise juga turut berkomentar soal MV Gangnam Style di Twitter pribadi mereka. Bahkan ketika PSY tampil di MTV Video Music Awards 2012, Katy Perry tampak begitu antusias ketika PSY menunjukan tarian kuda. Belum lagi Britney Spears dan Ellen DeGeneres yang ikut meminta PSY mengajarinya tarian kuda ala Gangnam Style.

Puncaknya adalah manajer Scooter Braun yang menemukan Justin Bieber di Youtube memutuskan untuk melakukan kerjasama dengan PSY dalam membuat proyek bersama. Sehingga PSY menjadi artis Korea pertama yang melakukan kontrak dengan label musik besar di Amerika.

9. Parodi Gangnam Style

Tingginya popularitas Gangnam Style membuat banyak orang melakukan video parodi untuk lagu tersebut. Beberapa di antaranya adalah:

1. The Oregon Duck - parodi Gangnam Style yang ditampilkan di USA Today
2. Hongdae Style - parodi Gangnam Style oleh Trend Factory yang ditampilkan di The Wall Street Journal
3. Pyongyang Style - parodi Gangnam Style yang mengejek diktator Korea Utara, Kim Jong Il dan ditampilkan di agensi berita Amerika, United Press International
4. Lifeguard Style - 14 lifeguard California yang memparodikan Gangnam Style, berita terakhir mereka dipecat dari pekerjaan karena dianggap menggunakan fasilitas publik untuk merekam video parodi itu. Terbaru 14 lifeguard mengajukan petisi untuk pemerintah kota California.

Selain itu tak terhitung sudah jumlah flashmob untuk Gangnam Style. Salah satu yang dianggap paling sensasional sampai membuat heboh netizens Korea adalah flash mob yang dilakukan di bundaran HI, Jakarta pada 9 September lalu dengan total peserta mencapai 1.000.

lirik lagu NOAH - SEPARUH AKU.



Dan terjadi lagi
kisah lama yang terulang kembali
kau terluka lagi
Dari cinta rumit yang kau jalani
Aku ingin kau merasa
kamu mengerti aku mengerti kamu
aku ingin kau sadari
Cintamu bukanlah dia
Dengar laraku
Suara hati ini memanggil namamu
Karena separuh aku dirimu
Ku ada di sini
Pahamilah kau tak pernah sendiri
Karena aku selalu
Didekatmu saat engkau terjatuh
Dengar laraku
Suara hati ini memanggil namamu
Karena separuh aku
menyentuh laramu
Semua lukamu telah menjadi milikku
karena separuh aku dirimu

Lirik Lagu Last Child feat. Giselle - Seluruh Nafas Ini

    lihatlah luka ini yang sakitnya abadi
    yang terbalut hangatnya bekas pelukmu
    aku tak akan lupa, tak akan pernah bisa
    tentang apa yang harus memisahkan kita

    saat ku tertatih tanpa kau di sini
    kau tetap ku nanti demi keyakinan ini

    jika memang dirimulah tulang rusukku
    kau akan kembali pada tubuh ini
    ku akan tua dan mati dalam pelukmu
    untukmu seluruh nafas ini

    kita telah lewati rasa yang telah mati
    bukan hal baru bila kau tinggalkan aku
    tanpa kita mencari jalan untuk kembali
    takdir cinta yang menuntunmu kembali padaku

    di saatku tertatih (saat ku tertatih)
    tanpa kau di sini (tanpa kau di sini)
    kau tetap ku nanti demi keyakinan ini

    jika memang kau terlahir hanya untukku
    bawalah hatiku dan lekas kembali
    ku nikmati rindu yang datang membunuhku
    untukmu seluruh nafas ini

    dan ini yang terakhir aku menyakitimu
    ini yang terakhir aku meninggalkanmu
    takkan ku sia-siakan hidupmu lagi

    ini yang terakhir dan ini yang terakhir
    takkan ku sia-siakan hidupmu lagi

    jika memang dirimulah tulang rusukku (terlahir untukku)
    kau akan kembali pada tubuh ini (bawa hatiku kembali)
    ku akan tua dan mati dalam pelukmu
    untukmu seluruh nafas ini

    jika memang kau terlahir hanya untukku
    bawalah hatiku dan lekas kembali
    ku nikmati rindu yang datang membunuhku
    untukmu seluruh nafas ini, untukmu seluruh nafas ini
    untukmu seluruh nafas ini

Lirik Lagu Cobalah Mengerti Noah Feat Momo Geisha

Download Lirik/Lagu/mp3 Noah Band Feat Momo Geisha Cobalah Mengerti


Hoo....Hoo...
Aku tak kan Pernah berhenti
Akan terus memahami
Masih Terus Berfikir
Bila harus memaksa
Atau berdarah untukmu
Apapun itu asal.......kan
Mencoba menerimaku
Dan kamu hanya Perlu terima
Dan tak harus memahami
Dan tak harus berfikir
Hanya perlu mengerti
Aku bernafas untukmu
Jadi tetaplah di sini
Dan mulai menerimaku
Cobalah mengerti
Semua ini mencari arti
Selamanya takkan berhenti
Inginkan rasakan
Rindu ini menjadi satu
Biar waktu yang memisahkan
Dan kamu hanya Perlu terima
Dan tak harus memahami
Dan tak harus berfikir
Hanya perlu mengerti
Aku bernafas untukmu
Jadi tetaplah di sini
Dan mulai menerimaku
Cobalah mengerti
Semua ini mencari arti
Selamanya takkan berhenti
Inginkan rasakan
Rindu ini menjadi satu
Biar waktu yang memisahkan

Sejarah tari hip-hop




Hip-hop tari seperti sekarang terlihat adalah kategori yang luas yang menggabungkan berbagai
gaya lama dan baru tari perkotaan. Gaya yang lebih tua yang dibuat pada tahun 1970 meliputi uprock, melanggar, dan gaya funk [3] Ini gaya dansa semua mulai mulai independen satu sama lain, setengah dari mereka di New York dan yang lainnya di California.. Uprock diciptakan di Brooklyn, NY dan melanggar diciptakan di The Bronx. Dalam bentuknya yang paling awal, melanggar dimulai sebagai elaborasi pada James Brown tari Kaki Baik “[3] [4] yang keluar pada tahun 1972 Breaking pada tahap ini tidak terutama lantai berorientasi seperti yang terlihat hari ini;. Itu dimulai sebagai toprock yang dilakukan berdiri. Pada tahun 1973, DJ Herc Kook menemukan breakbeat tombol [5] [6] breakbeat adalah selingan musik berirama dari sebuah lagu yang telah diulang terus menerus dan lebih lagi untuk memperluas bahwa solo instrumental.. Kool Herc melakukan ini untuk memberikanberarti untuk penari yang menghadiri pihak untuk menunjukkan keahlian mereka [6] B-boy dan b-gadis berdiri untuk “break-anak” dan “break-gadis”;. b-boys/b-girls menari istirahat dari catatan [6] Pengaruh lain pada toprock. adalah uprock. [7] Uprock terlihat mirip dengan toprock tetapi itu lebih agresif dan yang dimaksud terlihat seperti perkelahian. Tidak seperti toprock, uprock tidak dilakukan untuk memecahkan berdetak. Lagu ini dimainkan dari mulai selesai. [8] Juga, uprocking dilakukan dengan mitra tetapi dalam memecahkan setiap orang mengambil ternyata menari [9] Selanjutnya dipengaruhi oleh senam dan seni bela diri,. memecahkan berubah dari tarian murni tegak gaya-toprock hanya-untuk menjadi lebih berorientasi lantai .
Gaya funk mengacu pada beberapa gaya tari jalanan yang dibuat di California pada 1970-an yang menari untuk musik funk [10] Ini gaya termasuk roboting, bopping., Memukul, mengunci, Bustin ‘, bermunculan, boogaloo listrik, mondar-mandir, kantung-ing, sen-berhenti, dll [11] Sama halnya dengan melanggar, James Brown juga memiliki dampak besar pada gaya boogaloo tari. Salah satu inspirasi Sam Salomo untuk menciptakan boogaloo adalah tarian James Brown’s “popcorn” [12] dan nama tarian diambil dari judul lagu James Brown “Apakah Boogaloo”. [13] yang paling populer dan banyak dipraktekkan dari gaya funk yang mengunci dan popping. Mengunci adalah lebih tua dan telah dibuat oleh Don Campbell di akhir 1960-an. Popping diciptakan oleh Sam Solomon di tahun 1970-an. Tahun 1980-an media tidak benar membawa gaya tersebut di bawah “breakdance” / “breakdance” label menyebabkan kebingungan tentang asal mereka [14] [15] Mereka diciptakan di pantai barat terpisah dari melanggar dan keluar dari gerakan budaya funk daripada. dari hip hop-gerakan budaya. Acara televisi, Soul Train, membantu untuk menyebarkan penguncian dan muncul’s popularitas. Baik The Lockers dan Electric Boogaloos-tarian awak bertanggung jawab atas penyebaran penguncian dan muncul-dilakukan pada acara ini. [10] [16] Hari ini, gaya funk sekarang dilakukan terhadap kedua hip-hop dan musik funk.
Sebuah b-anak laki-laki tampil di sebuah cipher di Turki.
Styles Utama
Breaking: nonspesifik Toprock – Downrock – membeku – Power Moves
Mengunci:
Don Campbell (Ro) boting (pendahulunya)
Popping:
Sam Solomon Melambaikan – cair – nyala – Animation – Tutting – Gliding – berdetik – getar – Twist o Flex – mengular
Budaya Origins
Afrika Amerika – Latino Amerika – South Bronx – New York City – Brooklyn – Fresno – Compton – California – Amerika Serikat – Hip-hop budaya – Uprock – Funk musik – Hip-hop musik – turntable
Derivatif Styles
Krumping – Tecktonik – rompi ‘- Jazz Funk – Studio / Gaya Baru – Turfing – Jookin Memphis’ – hip hop-Lyrical – meregangkan
Hip-hop tari mengacu pada tari gaya terutama menari untuk musik hip-hop atau yang telah berevolusi sebagai bagian dari budaya hip-hop. Ini mencakup berbagai gaya terutama melanggar, mengunci, dan muncul yang dikembangkan pada 1970-an oleh Black dan Latin Amerika. Apa yang membedakan tari hip-hop dari bentuk-bentuk tari yang sering freestyle (improvisasi) di alam dan penari hip-hop sering terlibat dalam kompetisi freestyle pertempuran-formal maupun informal tari. sesi freestyle informal dan pertempuran biasanya dilakukan di sebuah cipher, “sebuah ruang dansa melingkar yang terbentuk secara alami setelah menari dimulai.” [1] Ketiga unsur-freestyling, pertempuran, dan cipher-merupakan komponen kunci dari tari hip-hop.
Lebih dari 30 tahun, hip-hop tari menjadi dikenal secara luas setelah melanggar profesional pertama, mengunci, dan muncul kru terbentuk pada tahun 1970. Kelompok yang paling berpengaruh adalah Rock Steady Crew, The Lockers, dan Boogaloos Electric yang bertanggung jawab untuk penyebaran melanggar, mengunci, dan muncul masing-masing. Sejalan dengan evolusi musik hip-hop, hip-hop menari berevolusi dari melanggar dan gaya funk ke dalam bentuk yang berbeda: bergerak seperti “berjalan pria” dan “patch kubis” memukul arus utama dan menjadi tarian mode. Industri tari pada khususnya menanggapi dengan versi studio berbasis hip-hop-kadang disebut gaya-baru dan funk jazz. Gaya ini dikembangkan oleh penari secara teknis terlatih yang ingin menciptakan koreografi untuk musik hip-hop dari tarian hip-hop mereka melihat yang dilakukan di jalan. Karena perkembangan ini, hip-hop tari sekarang dipraktekkan di kedua studio dan ruang luar.
Internasional, hip-hop tari memiliki pengaruh yang sangat kuat di Perancis dan Korea Selatan. Perancis adalah tempat kelahiran Tecktonik, gaya tari rumah dari Paris yang banyak meminjam dari muncul dan melanggar. Perancis juga rumah Juste Debout, sebuah kompetisi tari hip-hop internasional.Korea Selatan merupakan rumah bagi melanggar R16 kompetisi internasional yang disponsori oleh pemerintah dan setiap tahun siaran langsung di televisi Korea. Negara ini secara konsisten menghasilkan seperti terampil b-anak laki-laki bahwa pemerintah Korea Selatan telah menunjuk Gamblerz dan Sungai b-anak awak duta resmi budaya Korea. [2]
Untuk beberapa, hip-hop tari mungkin hanya suatu bentuk hiburan atau hobi. Untuk orang lain itu telah menjadi gaya hidup: suatu cara untuk aktif dalam kebugaran fisik atau tari kompetitif dan cara untuk mencari nafkah dengan menari profesional.

Sabtu, 06 Oktober 2012

CARA MENAIKAN PAGERANK

Cara cepat menaikan Pagerank bisa kita lakukan dengan gratis tanpa biaya. Cara Cepat Menaikkan Pagerank ini sudah banyak dilakukan oleh para blogger2 yang sudah ahli. Gak usah susah2 komentar sana sini. Cukup ikuti panduan ini.


Hal yang harus sobat lakukan adalah ikuti langkah-langkah berikut :
  1. Buatlah postingan artikel seperti posting saya ini, atau copy-paste artikel ini. Lalu beri Judul sesuka sobat (karena itu merupakan SEO buat web/blog sobat sendiri).
  2. Agan cukup hanya meletakkan Link-Link di bawah ini pada artikel sobat tersebut pada blog/web sobat.
  3.  Link tersebut harus bersifat dofollow supaya link terbaca di google, jadi jangan contreng nofollow saat menulis link.
  1. Google
  2. Yahoo
  3. Alexa
  4. Webmaster Tool
  5. Bing
  6. Msn
  7. Ask
  8. Aneuk Cabak
  9. Jss Tripler
  10. Memed Darlovers
Sebelum Anda meletakkan link diatas, Anda harus menghapus peserta nomor 1 dari daftar. Sehingga semua peserta naik 1 level. Yang tadi nomor 2 jadi nomor 1, nomor 3 jadi 2, dst. Kemudian masukkan link kamu sendiri di bagian paling bawah.
Hasilnya akan seperti ini:
  1. Alexa
  2. Webmaster Tool
  3. Bing
  4. Msn
  5. Ask
  6. Aneuk Cabak
  7. Jss Tripler
  8. Memed Darlovers
  9. Tyas's Blog
  10. www.ayufitriasumardi.blogspot.com 
Nah jika tiap peserta mampu mengajak 5 orang saja, maka jumlah backlink yang akan didapat adalah
Ketika posisi kamu 10, jumlah backlink = 1
Posisi 9, jml backlink = 5
Posisi 8, jml backlink = 25
Posisi 7, jml backlink = 125
Posisi 6, jml backlink = 625
Posisi 5, jml backlink = 3,125
Posisi 4, jml backlink = 15,625
Posisi 3, jml backlink = 78,125
Posisi 2, jml backlink = 390,625
Posisi 1, jml backlink = 1,953,125

Ingat sobat harus memulai dari posisi 10 supaya satu persatu naik dan agan mendapatkan backlink yang banyak...

Senin, 01 Oktober 2012

sejarah musik tradisional

A. MUSIK TRADISIONAL /DAERAH
Adalah musik yang merupakan kebudayaan (tradisi) dan lahir dari budaya daerah setempat secara turun-menurun, yang ada pada suatu masyarakat tertentu. Musik ini ada yang tetap dilestarikan oleh masyarakat setempat, namun adapula yang hilang oleh pergeseran zaman. Ciri-ciri yang menonjol adalah unsur kedaerahan dan kesederhanaan.

B. MUSIK NUSANTARA
Adalah musik daerah (musik tradisional) yang ada di Indonesia yang merupakan kekayaan budaya Indonesia yang sangat bernilai harganya, dan tidak kalah dengan musik tradisional di negara lain. Namun musik ini perlahan-lahan mulai tenggelam atau hilang dengan adanya pengaruh budaya musik barat. Perkembangannya sebenarnya cukup pesat namun terjadi pergeseran dari tangga nada pentatonis menjadi diatonis.

Jenis-jenis musik daerah :
1. Musik Daerah Jawa Tengah
Musik daerah yang ada adalah musik gamelan. Macam laras (tangga nada) yang digunakan yaitu gamelan berlaras pelog dan berlaras slendro. Nama-nama gamelan yang ada misalnya ; gamelan kodok ngorek, gamelan munggang, gamelan sekaten, dan gamelan gede.
Kini gamelan dipergunakan untuk mengiringi bermacam acara, seperti ; mengiringi pagelaran wayang kulit, wayang orang, ketoprak, tari-tarian, upacara sekaten, perkawinan, khitanan, keagaman, dan bahkan kenegaraan.

Musik Daerah Jakarta ( Betawi )
a. Gambang Kromong
Adalah sejenis orkes yang memadukan gamelan dengan alat musik umum (barat) misalnya alat tiup dan alat gesek . Tangga nada yang digunakan pentatonis Cina. Instrumennya; gong, gendang suling, bonang, kecrek, dan rebab sebagai melodi. Dinyanyikan secara bergilir antara laki-laki dan perempuan. Lagunya berbentuk pantun.
b. Tanjidor
Adalah kesenian tradisional khas Betawi (Jakarta). Ciri khasnya pada macam-macam alat musik tiup dari kuningan (trompet dll) dan dilengkapi genderang besar (bas drum) sperti pada drum band. Semua personilnya bermain sambil berdiri.

3. Musik Daerah Jawa Barat
a. Gamelan Degung
adalah seperangkat alat musik /gamelan yang mempunyai ciri tertentu dalam warna musiknya. Instrumen yang digunakan; bonang, rincik, saron, jengglong, suling, kecapi, dan rebab. Tangga nada digunakan adalah pentatonis (pelog dan slendro).
Pada awalnya musik ini untuk acara keagamaan, tetapi sekarang digunakan untuk mengiringi sendratari, mengiringi gending karesmen (nyanyian resmi), dan sarana hiburan. Keberadaannya telah di kenal sejak zaman Pakuan Pajajaran.
b. Calung
Adalah seperangkat alat musik terbuat dari bambu dan dimainkan dengan cara dipukul. Tanga nada yang digunakan mulanya pentatonis slendro yang kemudian dikembangkan menjadi laras pelog.
Menurut sejarahnya berasal dari alat yang digunakan untuk menghalau burung di sawah yang terbuat dari belahan bambu yang disebut kekeprak. Kekeprak ini digunakan untuk menakuti sero (binatang pemakan ikan peliharaan di kolam atau sawah). Kekeprak ini dibunyikan dengan cara digerakkan dengan air yang jatuh dari pancuran. Alat tersebut berkembang menjadi calung dan sekarang terdiri dari bentuk dan nama berbeda seperti calung gambang, calung gamelan, dan calung jinjing.
c. Angklung
Adalah seperangkat alat musik terbuat dari bambu dan dimainkan dengan cara dikocok. Dulu menggunakan tangga nada pentatonis dan sekarang menggunakan diatonis. Menurut sejarahnya angklung digunakan untuk memeriahkan pesta padi disawah.Tokoh musik angklung yaitu Daeng Sutisna.
d. Tarling
Berasal dari Cirebon yang ambil dari singkatan gitar dan suling, yakni alat yang mendominasi pada jenis musik ini. Semula alatnya adalah gamelan bambu lalu meningkat pada kecapi kemudian gamelan yang terbuat dari besi atau perunggu, kemudian setelah dikenal gitar maka digunakan untuk menggantikan kecapi. Tokohnya antara lain ; Jon Jayana, H. Abdul Ajid dan Uun S.
e. Arumba
Adalah singkatan dari alunan rumpun bambu. Prinsipnya hampir sama dengan angklung hanya dilengkapi dengan susunan bambu mirip gambang/saron yang dibunyikan dengan cara dipukul. Tokohnya antara lain ; Yos Rosadi, Rahmat, Bill Saragih dan Sukardi.
f. Gending Cianjuran
Adalah jenis musik yang menonjolkan vokal khas Cianjur. Vokal/nyanyian diiringi dengan kecapi, suling dan rebab. Musik ini digunakan sebagai sarana hiburan para bangsawan Sunda.
g. Klenengan
Adalah suatu pertunjukkan atau permainan gamelan yang menggunakan vokal atau nyanyian. Gamelan ini dilengkapi dengan seperangkat gendang yang berfungsi untuk mengiringi tarian klasik maupun modern.

h. Celempungan
Adalah jenis musik yang mengutamakan vokal/nyanyian atau gending. Instrumennya terdiri atas kecapi, rebab, dan celempungan (bambu besar yang diberi dawai). Kini celempungan telah diganti dengan perangkat gendang dan gong.

4. Musik Daerah Jawa Timur dan Madura
Musik tradisional Jawa Timur hampir sama dengan musik gamelan Jawa Tengah. Di Madura musik gamelan yang ada disebut Gamelan Sandur.

5. Musik Daerah Bali
Musik daerah Bali tidak jauh berbeda dengan musik gamelan Jawa Tengah namun resonator lebih tinggi. Perbedaan yang menonjol adalah cara memainkannya, yakni gamelan Bali lebih hidup, iramanya cepat dan lebih dominan suara saron (peking) dan demungnya. Tangga nada yang digunakan adalah tangganada pentatonis.

6. Musik Daerah Bima dan Sumba (NTB)
a. Musik Daerah Bima
Musik daerah ini banyak dipengaruhi musik Jawa. Jenis instrumennya antara lain; garpu tala bambu, silu (hobo), muri (klarinet dari daun), genggong (jewharp), sarone (suling bambu memakai ban), dan idiokardo 4 dawai.
b. Musik Daerah Sumba
Musik yang khas adalah nyanyian-nyanyian wanita. Intrumennya tidak ada yang khas, hanya namanya berubah misalnya : jungga (musik tiup), lamba ( gendang satu kulit ), katala ( gong ) dan suling hidung.

7. Musik Daerah Aceh
Musik daerah ini jelas sekali pengaruh dari musik Islami yang masuk dalam nyanyian-nyayiannya. Instrumennya terdiri atas ; canangtring, rebana, gambus, marwas, hareubab, gedumba ( gendang ), dan bangsi atau serimai ( suling ).

8. Musik Daerah Riau
a. Musik Gambus
Musik ini erat sekali hubungannya dengan agama Islam. Instrumen yang digunakan adalah gambus, rebana/marwas, dan biola. Tema lagu umumnya bertema keagamaan dan persoalan cinta.
b. Orkes Melayu
Adalah orkes yang membawakan lagu-lagu melayu asli. Instrumen yang digunakan : akordeon, 4 buah gendang melayu, dan sebuah gong kecil. Orkes ini merupakan cikal bakal musik melayu yang kita kenal sekarang sebagi musik dangdut.

9. Musik Daerah Nias
Musik Nias yang asli menggunakan 3 atau 4 nada dalam satu oktav. Jenis ini sekarang sukar sekali ditemukan. Instrumen yang digunakan ; gong besar, faritia/saraina (gong kecil), sigu mbawa dan surune mbawa (suling), Druridana (garputala bambu), tamburu, gendera, cucu, fodrahi, dan taburana (gendang yang panjangnya 3 meter dengan 2 kulit), Koko (semacam celempung/kecapi), Lagiya (rebab).
Musik Nias tidak untuk diperdengarkan tetapi untuk mengiringi cerita-cerita untuk mendatangkan roh-roh gaib.

10. Musik Daerah Batak (Sumatera Utara)
Musik daerah ini banyak dipengaruhi musik gereja yang dikenal dengan sebutan musik tataganing atau musik gondang. Tangga nada yang digunakan adalah diatonis yang sudah harmonis.
Instumen yang digunakan antara lain ; gerantung (semacam gambang), tangetong/nungneng (sumber bunyinya tali/dawai tapi dimainkan dengan dipukulkan pada suatu benda), salodap, salonat, sordam, tarafait (sejenis suling), tatagoning/gondang (satu stel gendang), gong (didatangkan dari Semarang), arbab, hasapi, hapetan, dan kulcapi dengan 2 dawai yang dapat di stem.

11. Musik Daerah Minangkabau (Sumatera Barat)
Musik yang terkenal adalah talempong. Instrumennya menggunakan alat musik daerah itu sendiri ditambah dengan alat-alat musik barat, antara lain : alat musik tiup (saluang, bansi, serunai, puput batang padi, puput tanduk dan suliang), alat musik perkusi (gendang dol/gendang besar, ketipung, rebana, gandang sedang, talempong, dan gong/canang)

12. Musik Daerah Kalimantan
Musik daerah Kalimantan pesisir banyak mendapat pengaruh dari daerah-daerah, seperti daerah Banjarmasin dan suku Dayak. Di Daerah Banjar masih terdapat orkes karawitan khas Banjar. Instrumen yang digunakan terdiri ; rebab, gender, gambang, dan suling ( diagonal ).
Suku Dayak mempunyai musik khas tersendiri dengan instrumen yang terdiri atas ; kledi/keruri/kedire (suling), kasapi/sampek (semacam lute yang dipetik), tawak ( gong ), gendang besar dan kecil.

13. Musik Daerah Minahasa
Musik khas daerah ini adalah Kulintang yaitu semacam gambang yang terbuat dari bilahan kayu dan satu perangkat terdiri dari atas 7 kulintang. Tangga nada yang digunakan adalah diatonis. Instrumennya antara lain ; suling, gambus dan marwas/rebana.
Lagu-lagu yang dibawakan dalm koor bersuara 4 atau lebih dalam gaya primitif polyphone terutama dalam acara panen.

14. Musik Daerah Sulawesi Selatan
Di daerah ini terdapat dua jenis musik musik Makasar (Ujung Pandang) disebut genrang bulo yaitu diambil dari nama gendang tanpa kulit (membran) yang cara memainkannya yaitu dengan dipukul-pukulkan pada suatu benda. Musik Bugis disebut Idiokardo
Instrumen yang melengkapi kedua jenis musik di atas, yaitu ;
Alat musik tiup terdiri atas puwi-puwi (hobo), basing bugis (suling kembang) dan basing-basing (klarinet).

15. Musik Daerah Sangihe-Talaud (Sulawesi Utara)
Musik daerah ini sangat dipengaruhi kuat oleh agama kristen. Instrumennya terdiri atas garpu tala bambu, bansi (suling bambu), tegogong (gendang satu kulit), salude (semacam dengan dua dawai) dan arababu (semacam rebab).

16. Musik Daerah Maluku
Musik di daerah Maluku, alat-alat yang asli sudah hilang. Instrumen musiknya diseluruh Maluku hampir sama yaitu ; gong (dari Jawa), arababu (rebab) dengan resonator dari tempurung, idiokordo yang disebut tatabuhan, korno (alat musik tiup) yang terbuat dari siput dan disebut fuk-fuk, bermacam-macam gendang yang disebut tifa.
Untuk daerah–daerah Islam seperti Halmahera, Bacan, Ternate, dan Tidore dengan sendirinya memiliki alat-alat musik Islam seperti gambus, rebana, bangsil (suling) dan sulepe (alat musik yang sumber bunyinya dari tali/dawai tapi resonatornya dari tempurung)
Daerah Ambon memiliki klesipan (semacam gambang dari kayu yang terdiri atas 10-16 bilahan yang disebut tetabuhan kayu), dan bonang yang disebut gong sembilan/gong dua belas. Yang paling khas adalah orkes suling bambu dengan ambitus (luas suara) dari bass sampai sopran.

17. Musik Daerah Irian Jaya (Papua)
Musiknya mendapat pengaruh dari Maluku. Instrumennya tidak begitu banyak hanya satu yang menarik, yakni Genderang (dihiasi pahatan dengan pewarnaan yang artistik dan kulitnya dari biawak ). Alat musik lainnya seperti rebana, rebab, tifa, dan gong (kiriman dari Maluku).
Instrumen yang ada di Papua digunakan untuk keperluan praktis, misalnya Sekakas, yang digunakan untuk menarik ikan-ikan hiu. Sekakas bisa mengeluarkan bunyi gemeretakan kalau dipegang setengah didalam laut dan setengahnya lagi di udara.

18. Musik Daerah Timor ( NTT )
Instrumen musik yang khas adalah sasando, yaitu sebuah siter dari bambu yang terdiri atas 36 dawai yang terbuat dari logam. Resonatornya terbuat dari daun palm yang dirangkai dalam bentuk mangkok yang meliputi siter itu. Selain sasando adalah dadako yaitu alat musik yang sumber bunyinya dari tali/dawai yang cara memainkannya dipukulkan pada suatu benda. Instrumen lainya adalah bobi /foe/semaku (suling), hilu/puwi-puwi/kabarung (suling yang memakai ban), bibililu tihar (gendang satu kulit) dan gong kecil-kecil.


C. SEJARAH PERKEMBANGAN MUSIK DAERAH
1. Sejarah Perkembangan Musik Daerah (Jawa)
Pemunculan musik daerah sangat beragam sesuai dengan keragaman budaya setempat yang dipengaruhi adat istiadat, pandangan hidup, dan sistem religi serta sistem sosial sehingga membentuk warna dan karakteristik tersendiri.
Dalam musik gamelan Jawa merupakan manifestasi atau perwujudan dari tata kehidupan orang Jawa, yang secara filosofis tercermin dari mitologi sejarah kelahiran musik Jawa itu sendiri yang merupakan salah satu bentuk musik yang di gunakan sebagai media mengungkapkan atau mengekspresikan isi jiwa orang Jawa.
Menurut sejarahnya gamelan Jawa lahir seiring dengan datangnya para imigram yang membawa kepercayaan Hindu ke Indonesia. Pujangga Ronggowarsito dalam bukunya Pustaka Raja Purwa, menyebutkan bahwa gamelan jawa terdapat di Indonesia sekitar tahun 326 ¢aka (404 Masehi). Menurut kepercayaan Hindu, gamelan diciptakan oleh Batara Indra atas perintah Hyang Giri Nata yang diberikan Raja Karna dari negeri Purwacarita.
Tugas : Carilah sejarah perkembangan musik daerah lainnya.
2. Keunikan Alat Musik Tradisi (Jawa)
Gamelan Jawa terbuat dari logam, kayu, kulit, kawat, dan bambu. Proses penciptaannya masih sederhana dan mengandalkan pekerjaan tangan (kerajinan tangan), namun hasil karya tersebut memiliki kualitas yang dapat di banggakan dan mengandung keunikan tersendiri, baik ditinjau dari sudut bentuk fisik maupun tone suara yang dihasilkan oleh instrumen tersebut. Warna suara tiap-tiap instrumen berbeda-beda namun jika ditabuh berbarengan dengan nada teratur dapat menghasilkan alunan suara yang mampu menghanyutkan hati bagi orang yang mendengarkannya.
Gamelan Jawa sekarang sudah terkenal, dicari bahkan di pelajari oleh negara lain seperti di Amerika serta negara lainnya dan dipajang di loby hotel-hotel bahkan menjadi materi wajib di perguruan tinggi manca negara. Banyak bermunculan group-group orkestra gamelan seperti di Amerika dan negara lainnya. Namun sungguh ironis kita yang asli orang Indonesia (Jawa) tidak megetahui dan tidak dapat memainkannya.
Tugas : Carilah keunikan alat musik daerah lainnya.
3. Tokoh-tokoh Seni Musik Daerah
Hampir setiap daerah memiliki tokoh dan seniman musik daerah diantaranya adalah sebagai berikut :
Raden Machyar Koesoemadinata (Jawa Barat). Jasanya memberi nama (lambang) nada-nada alat musik tradisional Sunda berupa da, mi, na, ti, la sehingga memungkinkan musik Sunda dapat dikemnangkan dan dipelajari daerah lain.
Koko Koeswara/ Mang Koko (Jawa Barat) da, mi, na, ti, la, da untuk tangga nada pelog dalam tiga nada dasar. Selain itu menciptakan lagu Sunda diantaranya Sekar Gending.
Daeng Soetigna (Jawa Barat) . Jasanya telah mengubah tangga nada pentatonis pada alat musik angklung menjadi diatonis sehingga angklung dikenal oleh masyarakat Indonesia maupun manca negara.
Ki Narto Sabdo (Jawa Tengah). Selain dalang juga tokoh seniman musik gamelan yang banyak menciptakan lagu-lagu dolanan dengan bergai versi baik Sunda maupun Bali.
Jon Jayana (Cirebon). Merupakan dedengkot Tarling yang jasanya menambah gitar dan suling pada tahun 1953 dengan gong lemper. Model tarling inilah yang berkembang sebagai bentuk kesenian mirip dangdut.
Tugas : Carilah Tokoh-tokoh musik daerah lainnya.

D. FUNGSI MUSIK DAERAH
1. Fungsi Individual
Musik merupakan atau mengekspresikan gejolak hati, jiwa,perasaan, atau kegalauan yang terpendam dalam hatinya. Melalui syair lagu misalnya seniman musik dapat mengkritik/memprotes kondisi lingkungan, rasa cinta sesama manusia, alam dan Sang Pencipta.
2. Fungsi Sosial
Musik memiliki peran besar dalam kehidupan manusia, dalam sebuah upacara adat, upacara kenegaraan, upacara keagamaan, penyambutan tamu, pesta pernikahan, dan lain-lain.
a) Media Rekreasi atau Hiburan
b) Media Komunikasi
c) Media Pendidikan
d) Media Pemujaan ( Keagamaan)

E. APRESIASI MUSIK TRADISIONAL NUSANTARA

Untuk lebih jelasnya mari kita dengarkan musik tradisional nusantara kemudian diskusikan dengan teman-temanmu (apresiasikan) dan buatlah laporannya secara kelompok serta presentasikan di depan kelas.

Contoh lagu-lagu Musik Tradisional Nusantara
KASET VOLUME 1 KASET VOLUME 2
SIDE A SIDE A
Jawa Barat a. Irian Jaya
Tarawangsa 1. Musik Suku Nafri
Gamelan Ajeng 2. Pikon, Musik SukuDani
DKI Jakarta 3. Musik Suku Sentani
Gambang Kromong b. Timor-Timur
Rebana Ketimpring 4. Lokadou
c. Jawa Tengah c. D.I Aceh
5. Salawat Bandongan 5. Rapa’i Geurimpheng
6. Gamelan Srimpen 6. Canang Kecapi
d. D.I Yogyakarta d. Sumatera Utara
7. Rinding Gumbeng 7. Tataganing dan Musik tiup
8. Cokekan 8. Kulcapi
e. Jawa Timur e. Riau
9. Angklung Caruk 9. Zikir Gobano
10. Trebang Gendhing f. Sumatera Barat
f. Bali 10.Saluang Darek
11. Gamelan Gambang g. Bengkulu
g. Nusa Tenggara Barat 11. Gandai
12. Langko 12. Kejai
13. Genang Gong


SIDE B SIDE B
Nusa Tenggara Timur a. Jambi
Beghu 1. Kulintang Perunggu
Leuk Bi bokek 2. Kulintang Kayu
Sasandosabu 3. Kromong Mandi Angin
b. Maluku b. Sumtera Selatan
Siwalina 4. Batanghari Sembilan
c. Sulawesi Tenggara c. Lampung
Dodarumba 5. Tabuh Lama (Batabuh)
Gambusu 6. Talo Balaq
d. Sulawesi Selatan 7. Kulintang Pakhing
SulingDengi Dengkong d. Kalimantan Selatan
Kesok-kesok 8. Panting
Kelong Sagal 9. Gamelan Banjai
e. Sulawesi Tengah e. Kalimantan Timur
Lalowe 10. Sampe
Dadendante f. Kalimantan Tengah
f. Sulawesi Utara 11. Kecapi Rebab
Akapela 12. Nikidung
Tetentengan 13. Wadian
g. Kalimantan Barat
14. Baliatn
15. Gonakn Sipat


KASET VOLUME 3 KASET VOLUME 4
SIDE A SIDE A
a. Aceh a. DKI Jakarta
1. Seuruunee Kalee 1. Rebana Biang
2. Rapa’i Uroh 2. Samrah
b. Sumatera Utara b. Yogyakarta
3. Gambus 3. Gejok Lesung
c. Riau c. Jawa Timur
4. Rabab Kampar 4. Kuntulan
5. Seruani Tabuang 5. Sronen
d. Sumatera Barat 6. Glipang
6. Rabab Pasisia d. Bali
7. Sampelong 7. Pesantian
e. Jambi 8. Genggon
8. Dadung 9. Semare Pagulingan
9. Senjang e. Nusa Tenggara Barat
d. Bengkulu 10. Sakeco
10. Gamat 11. Pareret
11. Kromong dua belas 12. Tawaq-tawaq


e. Sumatera Selatan
12. Wayang Palembang SIDE B
a. Nusa Tenggara Timur
SIDE B 1. Jai Sa Meo
a.Sumatera Selatan 2. Sasando Rote
1. Gambus Arab b. Sulawesi Tengah
b. Lampung 3. Lalowe Baru
2. Gambus Runik 4. Gamba-gamba
3. Dikir Baru 5. Lelegesan
4. Gambur Baru c. Sulawesi Selatan
c.Kalimantan Selatan 6. Kecaping
5. Suling Balawung 7. Gambusu
6. Karungut d.SulawesiTenggara
7. Tumet Leot 8. Oore
d.Jawa Barat e. Timor Timur
8. Salawat Brahi 9.Tabe Dai
9. Goong Renteng f. Maluku
10. Pantung 10. Hawaiian
e. Jawa Tengah g.Irian Jaya ( Papua)
11. Laras Madya 11. Hondowai
12. Angguk Rame
13. Bongkel